Tetap Sehat saat Menopause

10 Tanda Awal Kamu Mulai Masuki Masa Menopause, Wanita Wajib Tahu nih!

Menopause adalah waktu yang ideal untuk memulai atau memperkuat perubahan sehat dalam hidup anda. Berikut sembilan area kesehatan anda yang mungkin perlu diperhatikan:

  1. Menyimpan kalender menstruasi dapat membantu wanita menentukan apakah waktu menstruasi mereka normal atau tidak normal. Wanita harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan segera jika tanda-tanda pola menstruasi yang abnormal terjadi.
  2. Osteoporosis adalah risiko kesehatan utama bagi wanita setelah menopause, menopause dapat menyebabkan terjadinya penurunan struktur tulang sehingga orang yang menopause sangat rentan terhadap osteoporosis. Latihan penguatan tulang bisa membantu. Alat Penilaian Risiko Fraktur yang disebut FRAX menghitung probabilitas 10 tahun seorang wanita dari terjadinya osteoporosis utama (tulang belakang, lengan bawah, pinggul, atau bahu). Wanita pascamenopause di atas usia 40 dapat menghitung risiko mereka sendiri di situs web FRAX.
  3. Pertambahan berat badan pada wanita tampaknya sebagian besar terkait dengan penuaan dan gaya hidup, tetapi tahun-tahun sekitar menopause dikaitkan dengan kenaikan lemak di perut jika wanita tidak memperhatikan diet dan olahraga. Lemak perut dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.
  4. Beberapa wanita yang sudah mengalami gejala atau bahkan sudah mengalami menopause biasanya mereka akan mengalami gangguian kesulitan tidur oleh karena itu para wanita harus melakukan pelatihan pola tidur yang bersih dan juga teratur, termasuk jadwal tidur yang teratur, menghindari makan malam yang berat, menyesuaikan tingkat cahaya, hindari kebisingan, dan suhu di kamar tidur, dan menghindari alkohol, kafein, dan nikotin.
  5. Wanita yang berisiko tinggi mengalami sakit kepala hormonal dan migrain selama perimenopause adalah mereka yang sudah memiliki riwayat sakit kepala sekitar periode menstruasi atau ketika menggunakan kontrasepsi oral. Sakit kepala yang disebabkan oleh hormon biasanya berhenti ketika menopause tercapai dan kadar hormon secara konsisten rendah.
  6. Inkontinensia urin, yang umum terjadi selama menopause dan setelahnya, sering diperbaiki dengan latihan otot dasar panggul (latihan Kegel). Ini melibatkan kontraksi berulang dan relaksasi otot-otot yang mengontrol aliran urin, memperkuat mereka sehingga mereka dapat lebih mendukung kandung kemih.
  7. Kerusakan pada kulitm untuk menghindarinya kerusakan pada kulit akibat usia kalian bisa menggunakan beberapa cara yaitu dengan menghindari merokok, stres, dan paparan sinar matahari yang berlebihan olahraga dan tidur yang memadai minum banyak air dan menghindari panas, sabun mandi yang dapat membuat kulit kering
  8. Mempraktikkan kebersihan mulut yang baik sangat penting. Menyikat dan membersihkan gigi setiap hari, pemeriksaan gigi rutin, dan pembersihan gigi oleh profesional dua kali setahun, semuanya ini sangat dianjurkan. Penyakit gusi meningkatkan risiko penyakit jantung, dan kehilangan gigi bisa menjadi tanda penyakit tulang, termasuk osteoporosis.

Beberapa faktor resiko alami memangh tidak bisa kita hindari, tetapi untuk menghindari penyakit-penyakit setelah menopause kalian bisa melakukan beberapa cara sederhana yang merupakan tips gaya hidup sehat untuk perempuan yang sudah menopause

  • Jangan merokok
  • Kontrol tekanan darah
  • Kontrol kolesterol
  • Kontrol trigliserida
  • Cegah diabetes
  • Berolahraga secara teratur
  • Pertahankan berat badan yang sehat atau turunkan berat badan jika kelebihan berat badan
  • Tingkatkan nutrisi
  • Mengurangi stress

Cara di atas dapat mengurangi resiko terjadinya beberapa penyakit yang dapat dialami ketika seorang perempuan mengalami menopause, meskipun faktor resiko yang lain tidak dapat dicegah, tetapi tips diatas juga akan sangat baik untuk kalian yang masih muda untuk memiliki gaya hidup sehat untuk perempuan.

Comments |0|

Legend *) Required fields are marked
**) You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
In category: Uncategorized