Cara Cuci Tangan Yang Baik dan Benar

7 Fakta Medis Pentingnya Mencuci Tangan, Menghindarkan dari Penyakit!

Mencuci tangan yang baik dan benar bisa mengurangi kamu terkena berbagai kuman atau virus, salah satunya virus corona yang saat ini sedang banyak menginfeksi banyak orang di seluruh dunia. Kenapa sih kita harus mencuci tangan dengan baik dan benar? Karena tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering kamu gunakan untuk melakukan berbagai aktivitas pada kegiatan sehari-hari, sehingga tangan kamu bisa saja terkena dari kuman, kotoran, dan virus. Jika kamu melakukan cuci tangan yang baik dan benar kamu bisa mendapatkan berbagai manfaatnya. Mencuci tangan juga bisa membantu kamu untuk mengurangi resiko penyebaran penyakit yang dapat tertular melalui tangan salah satu contohnya adalah virus corona.

Memcuci tangan biasanya di lakukan ketika tangan terlihat kotor saja bukan? Padahal cuci tangan ini tidak boleh dilakukan saat mencuci tangan saja ada 5 waktu yang tepat untuk cuci tangan.

  • Setelah keluar dari kamar mandi atau toilet
  • Sebelum Makan
  • Sesudah Makan
  • Setelah memegang anggota tubuh
  • Setelah memegang barang di fasilitas umum, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kebiasaan yang salah dalam cuci tangan yang biasa di lakukan orang di karenakan kurangnya pengetahuan. Jika kita memcuci tangan dengan menggunakan air saja tidak dapat melindungi kita untuk terhindar dari bakteri dan virus yang terdapat di tangan. Terlebih lagi jika kamu mencuci tangan tidak dibawah air yang mengalir. Ada cara cuci tangan yang baik menurut Organisasi Kesehatan Dunia, ada langkah-langkah mencuci tangan yang benar seperti dilansir dalam laman World Health Organization (WHO) diantaranya adalah:

  • Basuh tangan dengan air

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membasuh kedua tangan dengan air bersih yang mengalir hingga kedua tangan basah.

  • Gunakan Sabun 

Langah kedua yang harus kamu lakukan adalah ambil sabun cuci tangan dan tuangkan ke telapak tangan kamu secukupnya.

  • Gosokan telapak tangan

Langkah ketiga yang harus kamu lakukan setelah menggambil sabut yaitu gosokkan ke telapak tangan secara menyeluruh dan pastikan semua bagian pada kedua telapak tangan kamu terkena sabun.

  • Gosokan sela-sela jari

Langkah ke empat yang harus kamu lakukan dengan menggosok sela-sela jari hingga merata dan terasa bersih. Bagian sela-sela jari pada tangan ini merupakan tempat yang paling di gemari oleh kuman untuk bersarang, makanya bagian ini tidak boleh kamu lewatkan untuk membersihkannya. 

  • Gosokan punggung jari

Langkah ke lima yang harus kamu lakukan berikutnya adalah dengan menggosok dan bersihkan bagian punggung jari dengan gerakan saling mengunci. Gerakan saling mengunci  ini dilakukan untuk memastikan kuman yang ada pada kedua tangan kamu benar-benar mati.

  • Gosokan ibu jari

Langkah ke enam yang harus kamu lakukan berikutnya adalah dengan membersihkan ibu jari, untuk membersihkannya lakukan dengan gerakan memutar dan lakukan secara bergantian. Membersihkan ibu jari tidak boleh kalu lewatkan ya  karena ibu jari ini merupakan salah satu jari yang paling banyak melakukan aktivitas. 

  • Gosokan ujung jari

Langkah ke tujuh yang harus kamu lakukan berikutnya adalah dengan membersihkan kuku dan ujung-ujung jari hingga saling bertemu, hal ini dilakukan untuk memastikan kuku-kuku pada jari kamu benar bersih dan kuman yang terdapat di kuku hilang

  • Bilas dengan air

Setelah semua tahapan cuci tangan selesai kamu hanya perlu membilas tangan kamu dengan air bersih yang mengalir. 

  • Keringkan tangan

Langkah yang terakhir, kamu harus keringkan tangan yang sudah selesai dibilas menggunakan handuk sekali pakai, tisu, atau alat pengering tangan.

Comments |0|

Legend *) Required fields are marked
**) You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
In category: Kesehatan